Frequently Asked Question

SMA Future Gate berlokasi di Jatiasih, Kota Bekasi. Tepatnya di Jl. Yudhistira, Gg. Prambanan No 100 RT 03 RW 03, Komplek Pemda Bekasi Blok A, Jatiasih. Patokan lokasinya di belakang gedung SDN Jati Asih 8, 9, dan 10.
  • Pada tahun 2013 kami telah mendapatkan akreditasi dengan predikat A (Amat Baik)
  • Pada tahun 2018 kami melakukan akreditasi kedua, dan kembali mendapat predikat A. Saat ini sedang proses mengajukan akreditasi Universitas Islam Madinah.
Sekolah ini memiliki dua model pembelajaran yakni Fullday dan Boarding (asrama). Fullday, siswa pulang pergi setiap hari, dan Boarding dengan jumlah siswa yang dibatasi. Siswa boarding diwajibkan pulang sepekan sekali.
Fasilitas yang dimiliki antara lain:
  1. Gedung milik sendiri berlantai 3,
  2. Masjid sebagai pusat kegiatan,
  3. Ruang kelas berAC, dengan fasilitas Wifi
  4. Laptop untuk pembelajaran dalam jumlah yang mencukupi
  5. Learning Resource Centre (perpustakaan, multimedia dan internet),
  6. Laboratorium IPA,
  7. Asrama, dan
  8. Kantin
SMA FG telah meluluskan 3 angkatan. Saat ini para alumni telah melanjutkan ke berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri, baik negeri dan swasta. Antara lain : Universitas Islam Madinah, Universitas Al Azhar Mesir, LIPIA, ITB, UI, UGM, ITS, IPB, Unpad, Undip, Univ Brawijaya, UNSOED, Unand, Telkom University, dan lain-lain. Prosentase alumni yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) sekitar 30-40%. Sebanyak 40-50% alumni melanjutkan ke Perguruan Tinggi Swasta dan Keagamaan, dan sekitar 20 persen bekerja atau mengambil gap year (menunda waktu kuliah). Alumni SMA FG juga ada yang diterima melalu jalur undangan (SNMPTN) baik melalui seleksi rapor dan atau kemampuan hafalan Al Qur’an (tahfizh).
  1. Pendidikan diniyah untuk membina Aqidah Shahihah, Akhlakul Karimah, Ibadah sesuai sunnah melalui pembelajaran di kelas, kajian bulanan, pembiasaan shalat berjamaah, dan lain-lain, dengan pendekatan yang disesuaikan dengan usia pemuda/remaja.
  2. Penanaman visi, orientasi hidup dan masa depan melalui program Talents Mapping (pemetaan bakat), We Share We Care (pengayaan wawasan kontemporer bersama guru tamu maupun guru internal), Program Short Course (Semester Pendek), Program Magang, kunjungan ke lembaga profesi/industri, dan lain-lain.
  3. FG College. Yaitu program persiapan masuk PT unggulan, yang dimulai dari kelas X, melalui pendampingan pemilihan jurusan di PT, try out bulanan dan pembahasan, sesi motivasi, sharing bersama alumni, kunjungan kampus, dan lain-lain
  4. FG Star (Student Literacy and Research). Yaitu pengembangan literasi, kompetensi menulis, riset (penelitian ilmiah), dan presentasi melalui program khusus penulisan karya ilmiah, serta diinegrasiikan dalam pelajaran yang ada untuk menguatkan kemampuan
  5. FG Quartz (Quran Recitation and Memorization). Yaitu Program Tahsin dan Tahfizh Al Qur’an dengan target siswa dapat membaca Al Qur’an dengan standar tajwid, mampu menghafal 2 juz Al Qur’an untuk jurusan IPA/IPS, dan 6 Juz untuk jurusan Bahasa. Dicapai melalui pembelajaran halaqah harian, dan program instensif (camp) yang diadakan secara berkala.
  6. Pengembangan Bahasa Inggris untuk jurusan IPA dan IPS dan Bahasa Arab untuk jurusan Bahasa. Program ini dicapai melalui pembelajaran Bahasa (Inggris/Arab) yang menggunakan metode khas, penggunaan buku teks berbahasa Arab/Inggris pada mapel jurusan, dan lingkungan yang kondusif dan motivatif untuk pengembangan Bahasa Asing.
Islam yang diajarkan dan diamalkan sesuai dengan aqidah Ahlusunnah Wal Jamaah dengan merujuk kepada pemahaman generasi awal ummat Islam (para sahabat, tabiin dan tabi’ut tabiin).
Kami membuka tiga jurusan: IPA, IPS dan Bahasa (spesialisasi Bahasa Arab dan Islamic Studies/Dirasat Islamiyyah)
Untuk jurusan IPA dan IPS, bobot materi umum dibanding materi agama kurang lebih 60% materi umum berbanding 40% materi agama. Adapun untuk jurusan Bahasa, 70% materi agama dan Bahasa Arab berbanding 30% materi umum. Namun, dalam setiap pembelajaran, khususnya materi pelajaran umum, kami berusaha mengintegrasikannya dengan nilai-nilai dan muatan ajaran Islam. Sehingga materi umum dan materi agama akan saling selaras dan menguatkan
Saat ini, bahasa pengantar yang digunakan secara umum adalah bahasa Indonesia. Khusus jurusan Bahasa, pada materi dirasat Islamiyyah, Bahasa Arab digunakan sebagai bahasa pengantar. Untuk jurusan IPA dan IPS secara bertahap akan mengunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran. Bahasa Arab bagi jurusan bahasa, dan Bahasa Inggris bagi jurusan IPA/IPS menjadi perhatian yang penting sehingga pada tahun pertama mendapatkan porsi pembelajaran yang besar. Untuk jurusan IPA dan IPS, bobot materi umum dibanding materi agama kurang lebih 60% materi umum berbanding 40% materi agama. Adapun untuk jurusan Bahasa, 70% materi agama dan Bahasa Arab berbanding 30% materi umum. Namun, dalam setiap pembelajaran, khususnya materi pelajaran umum, kami berusaha mengintegrasikannya dengan nilai-nilai dan muatan ajaran Islam. Sehingga materi umum dan materi agama akan saling selaras dan menguatkan
Sebagian besar guru berasal dari Perguruan Tinggi unggulan dalam dan luar negeri: King Fahd University, UI, ITB, UGM, Undip, Unsoed, UNJ, UIN Jakarta, dll. Untuk pengajar diniyah berasal dari : Universitas Islam Madinah, Universitas Al Azhar Mesir, LIPIA (Cabang Universitas Imam Muhammad ibnu Suud, Saudi Arabia di Jakarta). Para guru mengajar pada bidang yang sesuai atau relevan dengan bidang keilmuannya. SMA FG juga mengembangkan program standardisasi kompetensi guru secera bertahap dan berkelanjutan yang dikoordinir oleh bagian HRD.
  1. FG Quartz (Takhasush Tahfizh)
  2. Science Club
  3. Desain Grafis
  4. Media Kreatif
  5. English Club
  6. Futsal
  7. Badminton
  8. Basket
Sekolah sangat memperhatikan masalah bullying, dan berusaha sedapat mungkin menghilangan bullying (zero bullying). Senioritas dari awal ditiadakan, dengan menekankan bahwa hubungan kaka kelas dan adik kelas adalah hubungan persaudaraan sesama muslim (Ukhuwwah Islamiyyah), yang muda menghormati yang lebih tua, dan yang tua menyayangi yang lebih muda. Program MOS atau PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) pada awal tahun pendidikan juga kami atur dengan kegiatan orientasi visi, pengenalan kegiatan sekolah, pengakraban antar siswa dan kakak kelas, motivasi, serta bakti sosial pada warga sekitar, tanpa perploncoan atau penugasan-penugasan yang tidak bermartabat dan tidak bermanfaat.
Sanksi terhadap pelanggaran peraturan sekolah telah diatur dalam tata tertib tertulis. Orang tua dan siswa dapat membaca tata tertib tersebut. Orang tua siswa akan diberikan salinan tata tertib tersebut dan kemudian menandatangani pernyataan kesediaan mengikuti tata tertib sekolah. Dalam tata tertib tersebut seluruh hukuman diupayakan bersifat mendidik dan bukan hukuman fisik, menekankan kepada sikap bertanggung jawab siswa jika melanggar peraturan yang telah mereka ketahui.
Setiap tahun, kami membuka pendaftaran dengan kuota sebesar 120 siswa. Dengan perincian 105 siswa untuk program fullday dan 15 siswa untuk program boarding.
Kami menerima siswa pindahan kelas X dan XI dengan syarat lulus seleksi dan bersedia melengkapi persyaratan administratif terkait kepindahan (mutasi) sesuai ketentuan Dinas Pendidikan. Adapun untuk kelas XII ada persyaratan khusus dan lebih detil karena tterkait keikutsertaan di Ujian Akhir/Ujian Sekolah. Informasi selengkapnya dapat menghubungi bagian Administrasi/Tata Usaha.
  1. SMA Future Gate Putri (Boarding School), berlokasi di Jl. Ratna No. 82, Jatikramat, Jatiasih, Bekasi.Masih satu komplek dengan pesantren  SMP Putri Tashfia.
  2. SMA FG Putri Fulday School (FDS) yang belokasi di Jl. Ratna 10, Jatibening
SMA FG menyediakan alokasi subsidi bagi siswa yang kurang mampu dengan kuota, syarat, dan ketentuan yang diatur oleh Yayasan. Orang tua/wali siswa yang membutuhkan dapat mengajukan permohonan dispensasi dengan prosedur sbb:
  1. Mengisi  formulir pengajuan dispensasi yang telah disediakan di Tata Usaha
  2. Formulir yang telah diisi akan diajukan ke Yayasan untuk direview.
  3. Jika diperlukan, yayasan akan melakukan wawancara dengan orang tua/wali calon siswa
  4. Hasil review akan disampaikan kepada Orang Tua/Wali siswa dalam waktu 1-2 pekan
Tahapan proses pendaftaran sebagai berikut
  1. Mengisi formulir pendaftaran online di http://smafuturegate.com/formulir-pendaftaran/
  2. Memastikan nama siswa sudah tercantum dengan mengecek daftar calon siswa
  3. Menghubungi nomor telepon 085 100 73 4490 atau sms/wa di nomor 0813 18 1234 18 untuk konfirmasi dan penjadwalan waktu tes
  4. Mengikuti tes seleksi
  5. Mendapatkan pemberitahuan hasil tes via whatsapp
  6. Mendaftar ulang dengan mengisi form pendaftaran dan membayar biaya pendidikan sebesar 50% dari total biaya awal.
Tes seleksi penerimaan siswa baru dilaksanakan secara berkala dalam setiap bulan. Jadwal waktu tes akan disampaikan kepada para calon siswa yang mendaftar dalam rentang waktu tes tersebut. Teknis pelaksanaan tes adalah sbb:
  1. Setelah mengisi form pendaftaran, calon siswa akan dikonfimasi untuk pelaksanaan tes.
  2. Materi tes adalah: tes tertulis (Matematika, Bhs Inggris, Quisioner), wawancara, dan tes tilawah/hafalan.
  3. Pengumuman hasil  akan disampaikan dalam waktu 1-2 pekan setelah tes via Whatsapp
  4. Masa Daftar Ulang maksimal 2 pekan setelah dinyatakan lulus.
  5. Apabila pendaftar program boarding dinyatakan tidak lulus kriteria boarding maka masih ada kemungkinan untuk diterima di program fullday, kecuali dinyatakan tidak lulus sama sekali pada program boarding dan fullday.
Daftar ulang dinyatakan sah apabila calon siswa sudah memenuhi ketentuan berikut:
  1. Melakukan pembayaran angsuran pertama biaya pendidikan sebesar Rp 10.500.000 (saat DU pertama).
  2. Mengisi form daftar ulang.
  3. Menyerahkan berkas/dokumen  yang diperlukan.
  4. Adapun pembayaran angsuran berikutnya dilakukan sbb:
  5. Pembayaran angsuran II dan III dilakukan dalam 2 bulan setelahnya secara berturut-turut. Jangka waktu maksimal pelunasan adalah 3 bulan sejak DU pertama.
  6. Pembayaran dilakukan melalui transfer ke Virtual Akun (VA) Bank BSI yang akan diinfokan lebih lanjut saat pengumuman hasil tes
Kebijakan pengembalian dana pendidikan bagi calon siswa yang mengundurkan diri, telah diatur dalam ketentuan tersendiri. Silakan menghubungi bagian Tata Usaha/Administrasi.
Seleksi bagi siswa Boarding diberikan pembeda dengan Fullday, terdapat beberapa kriteria yang menjadi perhatian seperti hafalan Qur’an, karater siswa saat diwawancara, hingga hal lain yang menjadi keunikan bagi pewawancara saat mengobservasi siswa, dan keputusan masuk Boarding sudah mutlak sesuai dengan yang ditetapkan.
Pembelajaran di Boarding memiliki kurikulum yang fleksibel, dinamis, dan disesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya, pembelajaran di Boarding sama dengan di pesantren lain, semisal program hafalan Qur’an, menghafal matan hadits, memperbaiki bacaan Quran, praktek menjadi imam shalat, praktek pidato atau khutbah Jum’at, dan kajian Islam yang bersifat tematik dan rutin sesuai dengan jadwal.
Target hafalan di Boarding mengikuti target hafalan di sekolah (KBM), kebanyakannya adalah siswa melakukan muraja’ah atas hafalan yang dimiliki agar semakin kuat (mutqin).
Kebijakan pengembalian dana pendidikan bagi calon siswa yang mengundurkan diri, telah diatur dalam ketentuan tersendiri. Silakan menghubungi bagian Tata Usaha/Administrasi.
Wisma adalah program yang diselenggarakan untuk memfasilitasi siswa yang tidak mendapat kuota Boarding, pembelajaran di Wisma sama halnya dengan di Boarding, yang membedakan hanyalah lokasinya. Bila Boarding berada satu area dengan sekolah, Wisma mengharuskan siswa ada di tempat yang telah dijadikan lokasi tersendiri di luar sekolah. Penjagaan dan pendidikan di Wisma juga mengadopsi dari program Boarding. Perbedaan lainnya, adalah dari sisi pembiayan, Wisma memiliki harga yang berbeda dengan Boarding, karena adanya perbedaan dalam hal bersifat operasional.